Kamis, 17 Januari 2013

Ingatan itu kembali

Gunung Arjuno terletak di Malang Jawa Timur, angkuh berdiri terjal dengan ketinggian 3.339 mdpl. Menurut cerita bahwa yang mendaki gunung ini lebih kuat wanita dibandingkan pria, hal ini dikarenakan daya pikat Arjuno yang mistis, nama Arjuno sendiri berasal dari nama tokoh pewayangan Mahabarata yang disebut Arjuna. Gunung ini satu punggungan dengan gunung Welirang yang berada di sebelahnya. Untuk mendakinya seperti gunung Gede Pangrango kita bisa menginap di kandang badak, sementara untuk di Arjuno dan Welirang kita bisa menginap di Pondokan para pencari batu belerang.


Puncak gunung Arjuno

Pondok ini hanya ditutup dengan atap daun kering, kayu kayu dan batu bersusun, sementara di dalam pondokan ada tempat untuk menghangatkan tubuh. Kalau kawan kawan semua sempat mampir, cobalah bercengkarama dengan orang orang kuat di dalamnya, rata rata mereka semua sudah berumur, namun soal tenaga jangan dikira, otot ototnya kalau bisa cerita maka nggak akan ada habisnya. Jendolan besar di punggungnya membuktikan bahwa mereka sudan menyelesaikan ribuan kilo meter dan puluhan ton beleran sampai ke bawah.

Banyak sekali puncak bayangan ketika kita mendaki gunung ini. Oh ya.. ada tiga jalur untuk anda bisa mencapai puncak, bisa dari Batu, Selekta di arah utara, dari arah selatan bisa dari Karangploso. Biasanya orang mendaki dari Purwosari. Banyak kenangan saya ketika melewati tempat wisata Tretes, disana kami sempat minum kopi, bercengkrama satu sama lain. Tahun 1997 memang sudah lama terlewatkan, namun ketika hujan datang, ingatan itu kembali ke Tretes dan hangatnya suasana di Pondokan.

Salam berbagi,
Fadlik Al Iman





Tidak ada komentar:

Posting Komentar