Jumat, 16 November 2012

Padang lamun

Pada minggu ini saya menemati beberapa senior yang ahli dibidangnya. Selama sepekan mereka mengamati Padang Lamun di daerah Bali selatan. Pengalaman baru untuk saya> Oh ya.., padang lamun hidup di pesisir laut,  sampai kedalaman 3 meter, bahkan ada juga yang mengatakan sampai 6 meter masih tumbuh padang lamun. Padang lamun sering dimasukkan dalam ekosistem hutan bakau, meski bagiannya terpisah. Padang lamun ada diantara hutan bakau dan terumbu karang di lautan.

Lamun yang biasa dikenal dengan Seagrass adalah tumbuhan berbunga yang telah menyesuaikan diri hidup di lautan, ketika saya bertanya dengan beberapa orang, banyak orang mengenal hutan bakau, banyak yang mengenal terumbu karang namun tidak tahu ada padag lamun, meskipun hidup di sekitar mereka, mereka malah mengenal dengan sebutan lain atau malah ada yang menganggap itu rumput laut.

Peran lamun juga ada dalam keseimbangan alam, perakaran lamun yang kuat juga bisa sedikit meredam ombak laut yang masih ke pantai. Namun akhir akhir ini karena kepentingan wisata, lamun sedikit demi sedikit dihilangkan. Karena kepentingan pariwisata lamun ditimbun bahkan dipangkas, dengan alasan agar yang melakukan kegiatan di laut lebih aman. Gile bener. Semoga kita semua bisa lebih mengetahui lagi apa fungsi padang lamun, oh ya Dunia memiliki 60 jenis lamun sedang di Indonesia hanya ada 13 jenis, namun demikian itu baru yang teridentifikasi. Mari kita lestarikan alam kita, karena dari sanalah tersimpan kebaikan dan kearifan.

Salam berbagi,
Fadlik Al Iman


1 komentar:

  1. Itu krna kbanyakn org blm tau dgn psti tntg slh 1 peran lamun, yaitu bs d'jadikn sbg daerh ekowisata.
    Untuk itu, prlu d'lakukan semacam sosialisasi guna mningkatkn pmahaman & ksadaran tentg pntingx lamun.

    BalasHapus