Kamis, 03 Mei 2012

Orangutan

Orangutan mendefinisikan secara sederhana orang yang tinggal di hutan, memiliki nama lain mawas. Satwa ini hidup di dua pulau dan dua negara, Sumatera dan Kalimantan yaitu di Indonesia dan Malaysia. Mamalia ini memiliki lengan panjang dengan kaki yang pendek, genggamannya sangat kuat. Bayangkan 1 orangutan dewasa tenaganya berlipat lipat manusia dewasa. Orangutan memiliki tinggi 1.25-1.5 meter.

Ciri khas lainnya dari satwa ini memiliki ubun-ubun besar. Ketika telah mengalami kematangan seksual orangutan jantan memiliki ciri tulang pipi yang semakin membesar. Berat tubuhnya berkisar 50-90 kg. Dengan panca indra yang sempurna seperti manusia. Orangutan termasik jenis kera besar. Sebelumnya kita bedakan antara kera dan monyet. Kera tidak berekor sedangkan monyet itu berekor. Kera besar di dunia seperti Gorila, simpanse serta Bonobo yang kesemuanya hidup di benua hitam Afrika.
Orangutan Kalimantan Orangutan termasuk satwa yang mengagumkan, cerdas dengan kehidupan pejantan yang memiliki teritorinya sendiri sendiri. Mereka biasa membuat sarangnya sendiri. Orangutan bisa hidup di berbagai tipe hutan, mulai dari dataran rendah, rawa, sampai di perbukitan. Kami sering menemui di daerah aliran sungai, hutan rawa air tawar, rawa gambut, tanah kering, di atas rawa bakau dan nipah. Di Borneo orangutan bisa ditemukan sampai ketinggian 500 mdpl sedangkan di Sumatera bisa mencapai 100 mdpl.

Di Kalimantan tidak ditemukan di Selatan Kalimantan, sementara di sumatera hanya di bagian utara Sumatera saja. Orangutan memakan pucuk daun, umbut, kulit kayu yang mengandung kambium, serangga, bunga, buah serta madu. Keberadaan Mamalia besar ini dilindungi Undang-undang No. 5 Tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya. Dimana tertuang dilarang membunuh, memperjual belikan satwa yang dilindungi. Jika itu dilakukan maka bersiaplah menikmati fasilitas negara yang bernama bui.


Salam berbagi,
Fadlik Al Iman


# Catatan Borneo

Tidak ada komentar:

Posting Komentar