Sabtu, 19 Mei 2012

Daya Apung di Lautan

Terapung di lautan. Lautan memiliki daya apung yang tinggi. Daya apung dipengaruhi perbandingan antara massa jenis benda dan cairan, massa jenis yang sering disebut dengan densitas dihasilkan dari total massa benda dibagi total volumenya. dalam fisika daya apung diistilahkan dengan bouyancy. Dalam bahasa lain daya apung adalah daya tekan keatas dari cairan terhadap sebuah bendayang berlawanan dengan massa benda dan efek gravitasi.

Lalu bagaimana dengan tubuh kita ?, dalam tubuh kita ada empat bagian yang sangat berpengaruh terhadap daya apung. Misal, semakin besar volume paru paru maka semakin besar daya apungnya. Jumlah lemak dalam tubuh sangat mempengaruhi daya apung, semakin banyak lemak maka semakin mengapunglah kita. Jadi bisa dibayangkan makin besar seseorang maka makin besar pula daya apungnya. 


terapung di lautan

Bagian selanjutnya adalah volume otot, jika anda seorang atlit angkat besi, petinju, binaragawan atau atlet yang sejenis maka memungkinkan anda memiliki daya apung yang besar dan yang selanjutnya justru memiliki bagian yang kecil yaitu tulang. Jika memiliki tulang kecil maka daya apungnya semakin besar, tulang itu berat dan padat, bisa dibayangkan pula jika anak anak dan wanita bisa memiliki daya apung yang besar. Kuncinya adalah air yang berdensitas tinggi yakni air laut membuat tubuh kita lebih mudah mengapung dibandingkan air tawar di kolam renang. Kalau mau belajar renang, langsung aja ke laut,di pinggirnya aja dulu. Jadi kenali tubuh kita dan jangan panik di laut. Selamat mencoba.

Salam berbagi,
Fadlik Al Iman

Tidak ada komentar:

Posting Komentar