Senin, 16 April 2012

Ketapang mudah ditanam

Anak pantai, suka damai, begitulah syair lagu era 90-an yang dilantunkan Imanez. Suasana pantai yang panas kadang buat kita nggak damai. Perlu peneduh yang alami, biasanya Ketapang (terminalia catappa) tumbuh bertajuk rindang dengan cabang-cabang datar memayungi lantai di bawahnya. Tanaman ini bisa mencapai tinggi 35 meter. Kalau dilihat dari jauh menyerupai Pagoda.


 Ketapang sebagai peneduh


Ketapang memiliki daun yang lebar berkisar 8-25 cm, buahnya berbentuk seperti makanan biji Ketapang (kalau kita lebaran) tentunya terinspirasi dari biji Ketapang. Tanaman ini mudah sekali tumbuh, hal itu yang membuat Ketapang menjadi tanaman primadona di Pantai, jalan, lahan parkir, karena berfungsi sebagai peneduh. Tanaman ini bisa tumbuh dari 0 - 500 mdpl. Penyebarannya bukan hanya di Asia tapi sampai di Australia, India, Madagaskar hingga Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Pohon ini menggugurkan daunnya dua kali dalam setahun.

Bentuk daun KetapangTanaman ketapang memenjadi tanaman multiguna, sebagai penyamak kulit, pewarna alami, batang pohonnya bisa digunakan meskipun rentan terhadap rayap. Biji Ketapang bisa diolah menjadi minyak yang berkhasiat untuk penyembuhan beberapa penyakit seperti lepra, kudis, penyakit kulit, rematik  , penyakit radang rongga perut dan beberapa yang lainnya. Dalam aksi penanaman kami kerap menanam Ketapang, tanamannya enggak perlu perawatan khusus, tumbuhnya pun cepat.

Sejukan Bumi dengan menanam, tanami semua dari yang mudah dan selamat mencoba.

Salam berbagi,
Fadlik Al Iman










Tidak ada komentar:

Posting Komentar