Jumat, 14 April 2017

Dari Alam Kita Belajar

Dari alam kita banyak belajar, bahwa alam tak pernah berbohong, ada badai, hujan, mendung, longsor, kesemuanya bukan pura pura. Alam khususnya  hewan memberikan edukasi untuk kita, banyak yang kita pelajari dari hewan. Selain edukatif dia juga memberikan inspirasi, banyak hal yang lahir, sebut saja cerita kancil, cerita sang katak dan masih banyak lagi.

Ada bangunan yang bersifat instruktif secara tidak langsung dapat kita pelajari. Hewan memberikan contoh dari keterampilan fisik, sehingga membuat kita bisa berfikir, mereka jualah inspirasinya. Sifat sifat hewan yang saya ceritakan pada anak juga bisa menjadi rekam jejak, anak menelusuri, pikirannya rekreatif, anak bisa mengikuti lorong waktu dari kata kata sang ayah, bagaimana orangutan menjaga hutan.

Dari cerita kancil dan yang lainnya, perlahan namun pasti mengajarkan politik pada anak, bagaimana tidak jika cerita siasat kancil yang sukses melobi buaya, belum lagi cerita lainnya. Dari cerita yang sudah saya kemukakan pada akhirnya bisa disimpan, dimaknai, hingga jadi tabungan informasi yang tak terlupakan.

Dari alam kita belajar, memaknai tak kenal paksaan.

Salam berbagi,
 Fadlik Al Iman


Tidak ada komentar:

Posting Komentar