Selasa, 14 Oktober 2014

Untuk kehidupan laut yang lebih lestari

Lautan Indonesia sangat luas, kaya serta rentan sekali pencurian. Ikan ikan di Indonesia di ekspor ke luar negeri, namun Indonesia mengalami kelangkaan ikan. Ikan di Indonesia lama di kulkas, ikan ikan yang segar ke luar negeri. Ikan ikan di indonesia bingung karena karang karangnya hancur. Petikan petikan kalimat di atas sering sekali kita dengar, belum lagi persoalan nelayan yang semakin perih karena rentenir, perih karena sebelum melaut harus menyiapkan bahan bakar yang berjumlah tidak sedikit. Nelayan nelayan bingung, terpinggirkan.
Masa depan nelayan terpinggirkan, bagaimana dengan istri, anak, kampung halamannya. Ikan ikan semakin sedikit, lautan semakin tercemar, terumbu karang semakin langka. Apa yang harus kita perbuat, tetap bengong sambil menikmati ikan asin dan sambel terasi atau perlahan berbuat, bergerak, melakukan untuk laut dan nelayan demi menyongsong hari esok yang lebih baik.

Dengan tidak membuang sampah semarangan berarti kita juga melestarikan kehidupan laut, betapa tidak ketika sampah sampah hanyut dibawa air maka bermuara ke laut, hal ini akan mengakibatkan matinya terumbu karang karena sampah tersebut menutupi karang, berapa banyak ikan yang memangsa sampah hingga mati.

Salam berbagi,
Fadlik Al Iman

Tidak ada komentar:

Posting Komentar