Rabu, 30 Juli 2014

Tips Merawat Tablet

Untuk itu kita perlu mengetahui hal-hal sederhana atau pun perlu melakukan sesuatu yang khusus pada perangkat tablet PC kita, agar tidak mudah rusak alias bisa awet penggunaannya. Beberapa diantaranya mungkin sebagai berikut:

• Jangan menyentuh layar LCD tablet saat tangan kotor atau pun berminyak. Hal ini sangat berpengaruh pada responsifitas layar sentuhnya, mengingat layar/display merupakan bagian vital dari sebuah tablet PC.

• Jangan membersihkan layar LCD tablet PC menggunakan kain biasa atau bahkan mengusapnya dengan baju Anda. Gunakan alat penghembus udara yang khusus untuk membersihkan layar yang berdebu dan kotor. Atau pergunakan lap/kain pembersih khusus layar seperti lap kacamata yang lembut.

• Berikan lapisan anti gores atau pelindung layar agar layar tablet tetap mulus dan tak tergores.

• Berilah cover pelindung untuk tablet PC Anda. Ini bisa berupa model buku (book cover) atau pun smart cover seperti yang disediakan oleh tablet Apple iPad. Hal ini untuk mengantisipasi bila suatu saat tablet Anda jatuh, kepentok atau pun sekadar melindungi permukaan tablet dan layar dari benturan benda keras. Ini agar tidak menimbulkan dampak negatif pada kinerja tablet, khususnya layar.

• Jauhkan tablet PC dari panas dan kelembaban tinggi. Serta sinar matahari langsung, karena komponen dalamnya sangat rentan.

• Jangan terlalu lama mengisi baterai tablet. Jika sudah penuh harus langsung dicabut. Hal ini dilakukan agar baterai tablet awet, tak mudah rusak.

• Jangan sesekali mengunduh aplikasi untuk tablet PC Anda lewat web/toko aplikasi tidak resmi. Hal ini untuk mencegah/mengantisipasi adanya virus yang masuk melalui aplikasi/game tak resmi tersebut. Jadi download-lah lewat web store tablet yang resmi.

• Jangan meletakkan tablet di atas barang elektronik seperti televisi, DVD player, dan perangkat elektronik semacamnya. Hal ini untuk menghindarkan tablet dari interferensi medan magnet atau pun gelombang elektromagnetik yang bisa mengakibatkan tablet rusak.

• Hindarkan mengisi daya tablet PC sambil memainkan tablet. Hal ini bisa merusak baterai, dan bisa menimbulkan panas berlebih pada tablet yang bisa berakibat rusaknya komponen tablet. Bahkan, pada beberapa kasus bisa menyebabkan tablet meledak/terbakar karena over-heat. 

• Gunakan tablet dengan bijak dan secukupnya, jangan terlalu lama agar tablet tidak mengalami panas berlebih.

Kiranya itulah beberapa hal yang bisa kita lakukan atau jaga agar tablet PC kita awet dan tak gampang rusak. Semoga bermanfaaat buat Anda pemilik tablet PC.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar