Rabu, 19 Maret 2014

MENGAMBIL SIKAP

Beramal tanpa ilmu rasanya menjadi kosong. Satu malam saya belajar, ternyata para Ulama telah menyimpulkan dalam empat tahapan yang bisa kita lakukan. Pertama adalah Ilmu yakni belajar apa, mengapa, bagaimana, siapa, kapan dan lain menjadi bagian kita dalam belajar. Sementara ilmu yang baik adalah ilmu bagaimana kita bisa semakin dekat dengan Nya, bisa mengambil makna dan mensyukurinya.

Tahap yang kedua adalah amal, yaitu mengaplikasikan ilmu yang telah kita yakini bahwa ilmu tersebut enyimpan satu kebenaran untuk dibuktikan. Dalam perjalanannya kita makin yakin dan mantap karena ada perbandingan di lapangan. Maka ilmu yang kita telah dapatkan akan berkembang, timbullah ilmu ilmu baru. Semoga ilmu itu makin mendekatkan kita pada Nya.

Oleh demikian mengapa sehabis subuh kita diajarkan untuk berilah ilmu yang bermanfaat, baru kemudian rizki yang baik serta amalan yang bisa diterima.

Tahapan yang ketiga adalah Da'wah, mengamalkan ilmu yang diyakini dengan menyebar luaskan kemanapun kita berada, semampunya tanpa paksaan. Sementara yang keempat adalah bersabar, semua yang telah kita dapatkan harus dilakukan, ketika menemui kendala kendala maka kita harus melakukannya dengan sabar dan penuh konsisten, fokus dan semoga kita termasuk orang orang yang istiqomah.

Keempat tahap tersebut pasti sudah dilakukan oleh kawan kawan, sayangnya kadang kita tidak bersabar. Semoga kita termasuk orang orang yang bisa mengambil sikap dengan keyakinan kita. Nggak setengah setengah, nggak ikut ikutan.

Salam berbagi,
Fadlik Al Iman

Tidak ada komentar:

Posting Komentar