Rabu, 29 Januari 2014

Imam Bukhari

Pemimpin itu berasal dari kota Bukhara, Uzbekistan. Beliau dijuluki sebagai "Pemimpin Kaum Muslimin dalam Ilmu Hadist". Pada usia kecilnya Bukhari pernah mengalami buta pada matanya. namun berkat doa Ibunya terus menerus maka Alloh SWT mengabulkannya.

Imam Bukhari adalah penghafal hadist, pernah beberapa ahli hadist lain menguji kemahiran beliau, 10 orang membacakan hadist dan masing masing orang membacakan 10 hadist, maka jumlahnya adalah 100 hadist, masing masing dikoreksi oleh Imam Bukhari.

Satu ketika juga gurunya khilaf dan Imam Bukhari mengingatkannya, gurunya berkata bahwa Bukhari harus membukukan hafalan yang ketika usia 11 tahun saja beliau sudah menghafal 15 ribu hadist. Namanya kian menggema dikalangan masyarakat, terlebih ketika Orang tuanya berhaji dan memutuskan untuk tinggal di Makkkah, tercatat Imam Bukhari menghafal 200.000 hadis sohih.

Beliau menghambuskan nafas terakhir pada tanggal 1 Syawal setelah selama satu bulan membersihkan semuanya di bulan Ramadhan. Alloh SWT mengasihinya. Kini begitu banyak jasanya untuk ilmu pengetahuan.

Salam berbagi,
Fadlik Al Iman

Tidak ada komentar:

Posting Komentar