Minggu, 22 September 2013

Fungsi dan Manfaat Daerah Pesisir

Camera GARMIN Montana 650/Foto Hutan Bakau di Kecamatan Kuta

Di dalam batas laut dan darat biasanya juga terdapat daerah pasang surut, airnya sering dirasa payau. Dalam habitat ini terdapat banyak sekali keanekaragaman hayati, mulai dari burung pemakan ikan, ular pemakan burung, kepiting yang hidup di lumpur, udang udang, ikan yang melakukan pemijahan juga di beberapa tempat hidup hiu di daerah tersebut.

Adapun fungsi tempat ini adalah sebagai tempat hidup serta berkembang biak tumbuhan dan hewan, air juga mengatur keseimbangannya sebelum bermuara dilaut. Hutan hutan bakau yang tumbuh mampu menyerap air asin sehingga dikatakan sebagai filter sehingga mencegah abrasi dan intrusi air laut ke daratan.

Tempat ini bisa menjaga proses alami misalnya menyerap CO2 (Karbon dioksida), mampu mengendapkan lumpur sehingga menambat unsur hara dan racun.  Ketika dikatakan tempat ini kaya sekali akan keanekaragaman hayati maka sangat bermanfaat bagi manusia, ikannya dikonsumsi sehari hari, di beberapa daerah kayunya masih digunakan sebagai kayu bakar, tumbuh pula meranti, ramin, nibung, nipah. Dari nipah bisa juga menjadi produk olahan gula merah. Banyak sekali yang bisa kita peroleh dari kekayaan pesisir Indonesia.

Salam berbagi,
Fadlik Al Iman

Tidak ada komentar:

Posting Komentar