Selasa, 09 Juli 2013

Permasalahan Lautan

Tingginya permintaan yang tidak disertai dengan penyediaan budidaya yang ada mengakibatkan Ikan laut semakin berkurang. Hal ini banyak sekali dikeluhkan oleh nelayan nelayan tradisional di seluruh pesisir Indonesia. Tidak cukup hanya itu, penangkapan ikan berlebih makin memperburuk keadaan, orang tak lagi mengambil ikan seperlunya, semua yang ada tak luput dari alat tangkap yang dibuat dalam skala raksaksa terjaring sudah, walhasil manusia telah menangkap70% biota yang ada di dalam lautan. Angka yang sangat mencengangkan.

Pencemaran di darat dari limbah limbah yang mengandung merkuri juga mengurangi gizi dari manusia penikmat ikan, ikan yang ditangkap dari lautan menjadi santapan di meja makan dan terus tidak berdaur bersama merkuri yang melekat pada tubuh kita. bagian terburuk adalah kadar merkuri di lautan diperkirakan meningkat. Para ilmuan melaporkan bahwa kadar merkuri di lautan telah meningkat 30% dalam 20 tahun terakhir.


Dalam skala kecil dikeseharian bahwa sampah juga telah menutup jalan hidup bagi berkembangnya terumbu karang di belahan dunia, hal ini harus dianggappenting, apabila karang karang tidak bisa hidup maka akan berakibat bagi kehidupan ikan yang mencari perlindungan di karang, jikalau ikan ikan kecil terancam maka akan mempengaruhi ikan ikan besar hidup. Bagitu banyak permasalahan dilaut yang perlahan namun pasti mengancam stok pangan dunia.

Mari selamatkan laut untuk kehidupan yang lebih sejahtera.

Salam berbagi,
Fadlik Al Iman

Tidak ada komentar:

Posting Komentar