Sabtu, 16 Februari 2013

Serangan


Serangan adalah sebuah pulau yang ada di selatan Bali, namun sekarang ini pulau itu dihubungkan oleh jalan yang lebar sehingga menyatu dengan pulau Bali. Pulau ini amat tenang, dahulu jarang sekali lampu lampu ada disini sehingga banyak penyu yang mendarat disini. Pulau ini terkenal dengan sebutan pulau penyu. Seiring dengan berjalannya waktu, kini banyak sekali penduduk, kebutuhan akan hidup beriring dengan kebutuhan listrik yang semakin banyak sehingga penyu jarang sekali mendarat di pulau ini. Namun demikian ada tempat pelestarian penyu di pulau ini.

Lautan yang jernih, ombak yang berbuih putih tidak perlu jauh jauh diperolah, dari Denpasar kita bisa pergi ke Serangan. Dahulu banyak sekali terumbu karang disini, banyak para nelayan yang mendapatkan hasil laut berlimpah, di tahun 80-90an di sekitar pantai diurug, banyak terumbu karang yang semakin tidak terlihat. Hal ini berakibat nelayang harus jauh jauh melaut untuk mendapatkan ikan. Terumbu karang hilang, mengakibatkan ikan ikan sulit didapatkan.

Di pulau Serangan juga kita bisa menjumpai petani rumput laut. Pada musim musim ombak besar rumput laut susah sekali dikembangkan, namun bukan hanya itu, kini nelayan di pulau Serangan memang sulit merawat rumput lautnya, hal ini dikarenakan kualitas airnya yang kurang bagus, lahan lahan untuk rumput laut juga sudah terpakai untuk jalur lalu lalang perahu yang akan mendarat dan melaut. 

Salam berbagi,
Fadlik Al Iman

Tidak ada komentar:

Posting Komentar