Minggu, 23 Desember 2012

Pohon Akasia

Akasia sangat akrab dengan pengguna jalan

Konon pohon ini berasal dari Amerika Utara. Pohon ini amat banyak di Jakarta, pada umumnya ditanam di sepanjang jalan. Selain sebagai peneduh Pohon Akasia juga berfungsi sebagai sumber oksigen dan filter bagi para pengguna kendaraan bermotor. Akasia juga digolongkan sebagai pohon semak terbesar dengan lebih dari 800 spesies yang tersebar di seluruh dunia.

Bunga Akasia umumnya berkelompok, ada yang berwarna merah, putih, ungu dan kuning. Yang banyak tumbuh di kota kota besar di Indonesia berwarna kuning, pabila sedang berbunga kemudian jatuh tertiup angin, bunganya seperti salju yang turun dimusim dingin.  Tanaman ini juga mudah untuk ditanam, apabila batangnya terlihat tua agak kecoklatan maka pohon ini bisa distek batang.

Jikalau ingin menanam, nggak perlu dari biji, jikalau melihat lahan kosong dan sekiranya bisa ditanam maka bisa juga dengan menanam Akasia. Akasia termasuk jenis pohon yang hijau sepanjang tahun (evergreen). Daunnya hampir mirip dengan daun palsu (philodia), dengan ciri daunnya hijau gelap, sementara tinggi pohon bisa mencapai 30 meter. Akasia merupakan pohon peneduh yang memberi kisah damai dari masa kecilku hingga sekarang. Teruslah menanam, untuk memberi kenang.

Salam berbagi,
Fadlik Al Iman

Tidak ada komentar:

Posting Komentar