Selasa, 06 November 2012

Pekan Peduli Orangutan

Pekan Peduli Orangutan (PPO) digelar kembali bulan November, PPO dirayakan diberbagai belahan Dunia. Kenapa acara ini terus dilakukan, harusnya kita banyak lagi melihat apakah kehidupan di sekitar kita bertambah baik. Keinginan manusia yang tak terhingga mematikan langkah semuanya. Di Kalimantan ada orangutan yang semakin sedikit, di Bali ada Jalak Bali yang semakin berkurang populasinya, di Jawa ada Badak yang semakin sulit ditemukan. Apa yang menjadikan semuanya menjadi tidak seimbang.

Kehidupan manusia mengalahkan semuanya, hutan ditebang untuk kepentingan manusia membuat jalan, perumahan, alih fungsi menjadi perkebunan, bandara, pabrik dan lain sebagainya, sementara tempat hewan hewan endemik semakin sedikit. Langkah edukasi menjadi sangat penting, dengan dilakukan penyadaran semuanya akan menjadi baik. Ada orang yang membunuh orangutan dikarenakan ketidak tahuannya, ada yang membabat hutan dengan alasan mencari makan, ada juga yang dengan pengetahuannya justru melakukan semuanya.

Lagi lagi pendidikan dan penyadaran menjadi sangat penting, mengapa semuanya dilakukan, dengan berbagi ilmu pengetahuan, pengalaman, berbaur dengan semua, mensosialisasikan dengan rasa ketulusan, niscaya penerima informasi akan melihat semangat semangat kita yang dengan tulus berbagi, hingga nanti menjadi banyak tunas tunas pembela lingkungan. Cerita ini menjadi harapan semua orang, tentunya harus disertai dengan tindakan. Selamat melakukan PPO, selamat merenungi, selamat melangkah menuju hari esok yang lebih baik.

Salam berbagi,
Fadlik Al Iman

Tidak ada komentar:

Posting Komentar