Minggu, 01 Juli 2012

Ayo.. jangan takut !

Keluar dari kotak, keluar dari titik nyaman, beranilah berimprofisasi, begitulah bagian potongan motivasi yang sering diberikan orang kepada kita yang malu berbicara di depan umum. Sayang sekali ketika banyak orang yang sangan bisa dalam satu bidang tetapi keilmuan nya tidak diketahui orang. Berbagilah cerita, dengan berbagi cerita biasanya kita akan mendapatkan umpan balik. dari umpan balik itu kita juga mendapatkan pengalaman yang berbeda, tanpa disadari disitulah sumber belajar.


ayo.. jangan takut !Bagi kawan kawan yang masih punya masalah dengan berbicara di depan umum jangan patah semangat, anggap aja semuanya patung, hehe.., banyak banyak latihan akan banyak membantu anda dalam berbicara, bisa dilakukan di mana saja, di depan cermin, di dalam kamar, bahkan selagi buang hajat sekalipun. Ada lagi yang bilang kalau orang sering ngaca, sering nyanyi di kamar mandi, sebetulnya sudah punya kemampuan tampil dan mengeluarkan suara. Emang gampang ya kalau ngasih unjuk orang, tapi percayalah, bahwa perang terbesar adalah melawan diri sendiri. mau nggak kita terus latihan, kalau perlu buka catatan dengan memulai membaca.


Ada lagi yang gampang, mulailah berbicara dari hal yang kita kuasai. Misalnya menceritakan keunikan keluarga, sang idola, kenapa saya begini, begitu, komentarin orang. Itu juga uda bagus, lama lama baru kita mulai ketahap yang lebih gila, belajar berimajinasi menceritakan satu hal misalnya. Kenapa kupu kupu lambat, warnanya kok ngejreng atau gelap, mungkin begini dan begitu, ketika ada pertanyaan selanjutnya, mulailah kita mencari reverensi kupu kupu. Pokoknya selama orang mau belajar, ayo.. jangan takut !


Salam berbagi,
Fadlik Al Iman

Tidak ada komentar:

Posting Komentar